Waspadai penyakit kanker pada anak-anak.
Waspadai penyakit kanker pada anak-anak.

Waspadai penyakit kanker pada anak-anak

Waspadai penyakit kanker pada anak-anak. Penyakit kanker dapat terjadi jika pertumbuhan sel secara abnormal pada akhirnya akan merusak sel tubuh normal. Jika pada orang dewasa penyakit kanker disebabkan gaya hidup, pola makan dan konsumsi obat-obatan yang dijual bebas tanpa memperhatikan dosis pakai.

Waspadai penyakit kanker pada anak-anak. Sedangkan jika penyakit kanker terjadi pada anak-anak umumnya disebabkan karsinogen kimiawi, faktor genetik dan virus. Kategori anak-anak yang mengidap kanker dilihat pada segmen usia anak yaitu 1 tahun sampai usia 18 tahun. Usia selanjutnya terdapat kanker yang ada pada usia orang dewasa

Waspadai penyakit kanker pada anak-anak. Untuk pencegahan kanker pada anak-anak, maka peran orang tua menjadi langkah awal preventif dini untuk mengupayakan mencari pertolongan pengobatan. Sebagian besar kanker pada anak muncul tanpa gejala yang spesifik.

Waspadai penyakit kanker pada anak-anak. Sehingga penyakit kanker anak terdeteksi disaat tingkat penyebaran sel kanker sudah meluas dan menyebar. Waspadai penyakit kanker pada anak-anak.

Waspadai penyakit kanker pada anak-anak. Menurut data http://buletin-kanker.pdf sebagian besar kanker anak mempunyai kendala dalam pengobatannya, karena ketersediaan peralatan medis dan tenaga medis sangat terbatas. Waspadai penyakit kanker pada anak-anak.  Selain  itu faktor ekonomi dimana pendapatan yang terbatas membuat orang tua kesulitan dalam membiayai pengobatan anaknya yang terkena kanker.

Baca:   Bantu Kembalikan Tawa Ceria Anak yang Terkena Kanker Leukemia

Dibawah ini adalah tanda-tanda jika tubuh anak terserang kanker;

1. Anak terlihat pucat dan lemas. Walaupun sudah mengasup makanan dan minuman bergizi terkadang terlihat wajah anak pucat dan gerakkan motorik anak tidak lincah.

2. Demam tanpa sebab. Demam yang terjadi pada anak  jika yang disebabkan dengan virus akan mereda dengan sendiri seiring dengan peningkatan daya tahan tubuh anak. Yang harus diwaspadai jika demam tanpa sebab yang tidak terdeteksi sumbernya.

3. Sering menderita sakit kepala dan gangguan penglihatan tanpa dapat dijelaskan. Anak sering mengeluh pusing atau mata berkunang-kunang atau penglihatan tidak jelas padahal sudah memakai alat bantu baca kacamata.

4. Anak sering mengalami pembengkakkan akibat memar dan luka yang tak kunjung sembuh. Jika anak sering mimisan atau sering lebam dan memar di beberapa permukaan kulit maka harus diwaspadai jika ini adalah salah satu gejala dini kanker yang akan terjadi.

5. Penurunan berat tanpa sebab. Terkadang berat badan anak susah untuk naik bahkan cenderung turun walaupun anak sudah makan cukup sesuai porsinya. Hal ini juga patut diwaspadai.

Baca:   Bantu Adik Nasrul Anam untuk mengobati Tumor Pembuluh Darah

Berikut jenis-jenis kanker anak;

1. Kanker sistem saraf pusat. Sel tumor yang bermula pada otak bagian bawah kemudian menyebar ke tulang belakang. Dampak dari kaker ini adalah terganggunya kemampuan berpikir dan koordinasi.

2. Leukimia. Ini adalah jenis kanker berbahaya pada anak karena menyebabkan pembentukan sel leukosit abnormal. Hal ini menyebabkan terjadi gangguan pada trombosit dan eritosit yang berdampak pada kerusakan organ otak, gusi, tulang, kulit dan limpa.

3. Neuroblastoma. Jenis kanker yang berkembang di embrio atau janin, biasanya ditemukan di bagian bawah perut ditandai dengan nyeri tulang dan demam. Waspadai penyakit kanker pada anak-anak.

4. Nephroblastoma. Jenis kanker yang ditemukan pada ginjal. Biasa ditemukan pada anak usia balita. Gejalanya pembengkakkan pada bawah perut dan berkurangnya nafsu makan. Waspadai penyakit kanker pada anak-anak.

5. Lymphoma. Jenis kanker yang menyerang sel imunitas, tonsil dan kelenjar thymus biasanya terletak pada leher, ketiak dan selangkanga. Gejalanya terjadi pembengkakkan didaerah yang terkena kanker, keringat berlebih, lemas, demam serta penurunan berat badan secara dratis. Waspadai penyakit kanker pada anak-anak.

6. Rhabdomyosarcoma. Waspadai penyakit kanker pada anak-anak. Kanker yang terjadi di sel otot rangka yang digunakan untuk menggerakkan badan ditandai dengan nyeri atau pembengkakkan.

Baca:   Berbagi dengan Sesama di Bulan Ramadhan

7. Retinoblastoma. Kanker mata yang ditemukan pada bayi sampai usia 2 tahun. Gejalanya mata anak akan terlihat seperti mata kucing yang menyala dalam gelap atau akan memantulkan warna putih jika terkena lampu flash. Waspadai penyakit kanker pada anak-anak.

8. Kanker Tulang. Terjadi pada saat anak memasuki usia pubertas dan indikasinya terjadi nyeri jika malam hari dan jika menggerakkan tulang. Waspadai penyakit kanker pada anak-anak.

Pengobatan pada kanker anak

Waspadai penyakit kanker pada anak-anak. Tidak ada satu jenis pengobatan saja untukmenyembuhkan kanker, beberapa rangkaian dan tahapan pengobatan harus dijalani penderita kanker supaya dapat meminimalisir penyebaran kanker. Salah satu cara adalah dengan melakukan kemoterapi .http://perawatan-kemoterapi-dan-efek-sampingnya

Waspadai penyakit kanker pada anak-anak

Dibutuhkan biaya tidak sedikit untuk melakukan kemoterapi. Oleh karena itu Yayasan Selebriti Indonesia mengajak sahabat selebriti untuk menyisihkan sebagian pendapatan dengan membeli topi selebriticlub. Hasil dari penjualan topi akan disumbangkan kepada anak-anak penderita kanker yang membutuhkan biaya kemoterapi untuk pengobatannya. Info lengkap dapat dilihat pada https://www.selebriticlub.com/ .

Salam sukses itu berbagi

Penulis : BayuHutami

Related posts

Hidupkan Ramadhan dengan Berbagi Untuk Sesama

Ikke Dwi A

Bantu Adik Nasrul Anam untuk mengobati Tumor Pembuluh Darah

Bayu Hutami

Penyakit Kanker Anak bagaikan “Ghost Silent” Tersembunyi

Bayu Hutami

Leave a Comment