Stasiun Mojokerto

Tradisi Mudik Lebaran yang Unik Hanya ada di Indonesia

Tradisi Mudik Lebaran yang Unik Hanya ada di Indonesia

Tradisi Mudik Lebaran yang Unik Hanya ada di Indonesia. Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Persiapan umat muslim dalam menyambut hari raya nan Fitri sudah terlihat dimana-mana. Ada tradisi unik yang mungkin hanya ada di Indonesia. Ya apalagi kalau bukan mudik atau biasa di sebut “pulang kampung”. Kali ini penulis akan membahas cerita unik dan lucu yang dapat menghibur sahabat selebriti dirangkum dari berbagai sumber. Berikut cerita Tradisi Mudik Lebaran yang Unik Hanya ada di Indonesia.

1.Mudik adalah silahturahmi. Mudik mempunyai arti pulang ke kampung halaman untuk bersilahturahmi dan beranjangsana dengan keluarga dekat dan keluarga besar. Baik itu orang tua, paman, bibi, serta saudara adik kakak dan handai taulan yang ada di kampung halaman.

2.Mudik adalah ajang reuni. Setelah bersilahturahmi dengan keluarga besar biasanya pemudik akan menyisakan waktu untuk berkumpul dengan teman dekat satu geng, teman main satu kelompok belajar , teman jalan satu sekolah dan sebagainya. Ikatan pertemanan yang kuat, membuat pemudik mempunyai keinginan untuk bernostalgia mengenang kebersamaan dengan teman masa kecilnya. Biasanya pemudik akan berkumpul atau reuni ditempat kumpul yang dahulu digunakan untuk bermain. Bisa ditepi sawah, dipinggir pantai, di warung makan dan sebagainya. Seru ya bisa bersua dengan teman – teman masa kecil .

3. Mudik membuat tulisan lucu untuk mengusir jenuh . Akses jalan darat yang sudah merata dan menghubungkan kota besar dengan kota kecil, membuat banyak pemudik memilih membawa kendaraan bermotor ke kampung halaman. Baik motor atau mobil dapat kita lihat memenuhi jalan antar kota dan provinsi. Waktu tempuh yang lama terkadang membuat jenuh. Untuk mengusir jenuh dibuatlah tulisan lucu untuk menghibur. Contoh dibelakang sepeda motor terdapat tulisan ” mohon jangan ditabrak, motor ini belum lunas” atau ” bebek saja antri masak kamu mau serobot” atau “dari Jakarta kanda pulang demi dinda”. Tulisan – tulisan di belakang kendaraan bermotor membuat siapapun yang membaca akan tersenyum simpul.

Baca:   5 Olahan Ketupat yang Lezat dari Seluruh Nusantara

4. Mudik membuka destinasi wisata baru. Perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi melalui jalan darat membuat lelah baik pengemudi maupun penumpang. Untuk itu beberapa tempat di pinggir jalan besar disulap menjadi tempat istirahat plus rekreasi dadakan. Misal ada yang membuka tempat makan plus pemancingan dengan pemandangan menghadap pegunungan. Ada yang membuka taman bunga dilahan yang tadinya bekas persawahan. Ada yang membuat bukit buatan di bekas tambang pasir dan sebagainya. Pemudik yang ingin istirahat dapat mempir ke tempat ini melepas lelah sambil beristirahat. Tak jarang ditepi sawah dapat menjadi tempat wisata baru bagi pemudik yang berasal dari perkotaan. Pemandangan persawahan adalah destinasi menarik bagi pemudik dari kota.

5. Mudik adalah ajang pamer swafoto di spot yang instagramable.  Sepanjang perjalanan para pemudik dapat mencoba infrastruktur yang sudah selesai dibangun berupa jalan raya, jembatan, bandara, pelabuhan, jalan tol, stasiun kereta api dan masih banyak lagi. Infrastruktur baru ini menyuguhkan pemandangan unik tersendiri yang dapat dijadikan latar belakang swafoto bagi pemudik. Ditengah jalan sering dijumpai pemudik menepikan kendaraan sambil berswafoto dengan lanskap pemandangan seperti di tol Bawen Salatiga walaupun saat ini dilarang karena membahayakan keselamatan pemudik itu sendiri. Atau cara yang aman jika pemudik menggunakan transportasi udara. Maka pemudik dapat berswafoto di bandara tujuan yang baru diresmikan. Kemudian pemudik dapat berswafoto di tempat wisata yang baru dibuka.

Baca:   5 Keuntungan Ini Akan Kamu Dapat Jika Suka Berbagi pada Sesama

6. Mudik dapat menjadi ajang wisata kuliner . Pemudik membutuhkan asupan energi yang diperoleh dari makan dan minum. Banyak warga yang wilayahnya dilalui pemudik mencoba keberuntungan dengan mendirikan rumah makan dadakan maupun rumah makan baru yang dikelola secara profesional mengutamakan pelayanan dan cita rasa. Pemudik dapat memilih aneka  kuliner yang di jual di sepanjang jalur mudik termasuk toko oleh-oleh makanan khas daerah setempat. Tentu sensasi nya terasa berbeda jika kita membeli langsung makanan khas dari daerah asal dibandingkan hanya membeli melalui toko online.

7. Mudik dengan kendaraan sarat bawaan. Pemudik yang pulang kampung ingin menunjukkan kesuksesannya sekaligus menyenangkan sanak saudara di kampung asalnya. Maka pemudik rela membawa barang bawaan atau buah tangan untuk kerabat dikampung dengan cara dibawa sendiri  diikat di kendaraan baik motor atau mobil. Tak jarang pemudik membawa barang bawaan sampai over load sehingga membahayakan nyawa pengemudi itu sendiri.

8. Mudik adalah berbagi rejeki. Pemudik yang pulang kampung banyak yang berniat berbagi rejeki kepada sanak saudara dan handai taulan. Tidak hanya buah tangan atau oleh-oleh tetapi uang tunai atau biasa disebut “salam tempel” disiapkan pemudik untuk dibagi-bagikan kepada kerabat dan handai taulan terutama anak – anak dan yang masih lajang.  Tujuan utama selain berbagi rejeki juga berbagi kegembiraan.

Baca:   5 Cara Berbagi Kebaikan Ini Sangat Menyentuh

9. Mudik adalah berburu tiket transportasi. Pemudik yang akan pulang kampung dan menggunakan kendaraan umum seperti pesawat, kereta api, bus atau mobil carteran biasanya akan berburu tiket mudik jauh-jauh hari. Animo mudik yang tinggi mengakibatkan tiket transportasi dengan jumlah terbatas diperebutkan banyak orang. Maka dari itu pemudik rela berburu tiket mudik jauh-jauh hari baik menggunakan aplikasi online maupun datang ke tempat penjualan tiket secara langsung.

10. Mudik adalah traveling akbar. Pulang kampung adalah perjalanan ke kampung halaman untuk rehat sejenak dari kegiatan sehari-hari. Selama di kampung halaman untuk mengisi waktu libur hari raya, pemudik umumnya menghabiskan waktu bercengkrama bersama keluarga dengan mengunjungi banyak tempat rekreasi atau wisata. Sehingga dengan banyaknya pemudik mengunjungi tempat wisata dapat dikatakan terjadi “traveling akbar”.  Karena tempat wisata penuh dengan traveler sekaligus pemudik.

11. Mudik adalah perhelatan Nasional. JIka musim mudik tiba laporan arus mudik akan disiarkan secara langsung dan serempak melalui media elektronik secara nasional. Pantauan arus mudik dapat disaksikan di televisi, radio, media on line serta surat kabar. Pemirsa akan di suguhi tayangan arus mudik secara real time mulai dari h-7 sampai h+7 setelah hari Raya Idul Fitri. Pemerintah pun turut mengawasi dan mengatur arus mudik agar berjalan aman, lancar dan terkendali.

Nah demikian cerita tradisi mudik lebaran  unik yang hanya ada di Indonesia. Selamat mudik..

 

Penulis : BayuHutami

 

 

Related posts

Silaturahmi Selebriti Club Dalam Acara Buka Bersama di Akhir Ramadhan Berlangsung Meriah

Amalia Basarda

Berbagi Ke Sesama Bisa Menjadikan Tubuh Lebih Sehat?

Ikke Dwi A

Bantu Ringankan Beban Pasien Anak di Rumah Singgah Peduli

Bayu Hutami

1 comment

mesin kopi 18 Juni 2019 at 9:01 am

Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

Reply

Leave a Comment