Tunjangan Hari Raya

Tips Menggunakan THR secara Bijak

Tips Menggunakan THR secara Bijak

Tips Menggunakan THR secara Bijak erat kaitannya dengan hari raya keagamaan misalnya Lebaran. Hari Raya Idul Fitri yang tinggal hitungan hari membuat umat muslim melakukan bebagai persiapan untuk menyambut hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Persiapan yang dilakukan mulai dari menata tempat tinggal untuk menyambut sanak saudara yang datang bersilahturahmi, membuat penganan kue kering dan kelengkapannya, menyiapkan busana terbaik dan peralatan sholat iedul fitri sampai menyiapkan zakat sebagai bagian dari ibadah. Kegiatan ini menggunakan sebagian besar pendapatan bagi pekerja produktif.

Tunjangan hari raya adalah penghargaan pemberi kerja kepada karyawan

Tunjangan hari raya adalah penghargaan pemberi kerja kepada karyawan untuk dapat merayakan hari raya secara berkecukupan. Besaran tunjangan hari raya biasanya satu kali dari gaji yang biasa diterima karyawan setiap bulan. Namun ketika menerima tunjangan hari raya perlu adanya pengelolaan secara bijak supaya terasa manfaatnya dibandingkan mudaratnya. Berikut adalah Tips Menggunakan THR secara Bijak yang dirangkum penulis dari berbagai sumber.

1. Alokasikan sebagian THR  untuk membayar cicilan hutang. Ketika menerima THR, usahakan untuk segera membayar cicilan hutang. Apakah itu cicilan hutang kartu kredit, leasing, pegadaian dan lain sebagainya. Dengan secepatnya mengalokasikan sebagian THR untuk membayar cicilan hutang, maka keuangan rumah tangga akan aman dan terhindar dari denda serta bunga  hutang yang dapat terakumulasi.

Baca:   Tips Berbagi dengan cara Sederhana dan Bermakna

2. Gunakan sebagian THR untuk membeli kebutuhan di hari raya. Hari raya identik dengan menjamu sanak saudara dan handai taulan di kediaman masing-masing. Maka ketika menerima THR gunakan sebagian untuk membeli kebutuhan hari raya terutama bahan pangan, mendekorasi tempat tinggal dan kebutuhan sandang (pakaian atau peralatan sholat). Bagi yang berniat mudik maka sebagian THR dapat digunakan untuk membeli tiket transportasi publik, menservis kendaraan bila mudik dengan kendaraan pribadi, dan membeli bekal persiapan mudik dan buah tangan untuk sanak saudara dikampung halaman.

3. Sisihkan sebagian THR untuk masuk kedalam rekening tabungan. THR sebaiknya tidak dihabiskan dalam satu waktu. Perlu dipikirkan masih ada periode hari selanjutnya setelah hari raya. Maka sebelum menerima gaji bulan berikutnya, biaya operasional rumah tangga dapat ditutup dengan sisa THR yang sedari awal sudah disisihkan kedalam rekening tabungan. Maka dibutuhkan Tips Menggunakan THR secara Bijak.

Baca:   Tips Hindari Kebiasaan Tidak Sehat ketika Menjalankan Puasa

4. Cadangkan sebagian THR untuk dana darurat. Tidak ada yang mengetahui peristiwa darurat yang akan terjadi ketika hari raya berlangsung. Maka dari itu cadangkan dana darurat dari THR yang diterima. Dana ini dapat digunakan untuk peristiwa yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya. Seperti ada anggota keluarga jatuh sakit ketika hari raya, ada kecelakaan yang menimpa anggota keluarga dan lain sebagainya. Jika setelah hari raya tidak ada peristiwa yang terjadi maka dana darurat dapat dimasukkan kedalam rekening tabungan.

5. Sisihkan sebagian THR untuk investasi. Ketika mendapat THR tidak ada salahnya disisihkan sebagian untuk investasi. Investasi yang paling aman dan tidak mengalami inflasi adalah logam mulia. Belilah logam mulia sesuai dengan dana yang sudah disisihkan dari THR. Nilai logam mulia mengalami trend kenaikan. Jadi ini adalah investasi aman dengan resiko minimal. Hanya saja untuk tempat penyimpanan sebaiknya menggunakan safe deposit bank supaya terhindar dari peristiwa yang tidak diinginkan (kemalingan).

Baca:   Cara Unik Untuk Berbagi Sesama

6. Sisihkan sebagian THR untuk berbagi. Bagi umat muslim menyisihkan sebagian pendapatan atau zakat infak adalah bagian dari ibadah. Maka dengan membayar zakat lebih awal setelah menerima THR sangat dianjurkan supaya terhindar dari “kelupaan” dan “kehabisan dana”. Selain menyisihkan THR untuk membayar zakat, sebagian THR dapat digunakan untuk  berbagi  dengan cara memberi bingkisan hari raya untuk orang-orang yang membutuhkan disekitar kita.

Demikian Tips Menggunakan THR secara Bijak. Semoga bermanfaat ya sahabat selebriti.

 

Penulis : BayuHutami

 

Related posts

Bantu Kembalikan Tawa Ceria Anak yang Terkena Kanker Leukemia

Bayu Hutami

Berbagi Amalan Menjelang akhir Ramadhan

Bayu Hutami

Berbagi dengan Anak Panti Asuhan Kampung Melayu

Bayu Hutami

Leave a Comment