Tips Mengajarkan Anak supaya Mau Berbagi dengan Sesama
Tips Mengajarkan Anak supaya Mau Berbagi dengan Sesama

Tips Mengajarkan Anak supaya Mau Berbagi dengan Sesama

Dunia anak adalah dunia imajinasi dan kepolosan. Karena anak hanya mengenal dua keadaan. Sedih atau tidak nyaman dan senang atau  nyaman. Jika anak sedang sedih maka ekspresi keluarnya dalam nada tangis dan marah. Sedangkan jika merasa senang atau nyaman maka anak akan berekspresi tertawa dan berceloteh tanpa henti. Tips Mengajarkan Anak supaya Mau Berbagi dengan Sesama.

Dunia anak akan bertumbuh sepanjang usia mengikuti perkembangan jaman. Seiring berjalannya waktu anak akan mulai dapat menerima hak dan kewajiban yang dapat dipertanggungjawabkan. Anak akan tumbuh menjadi seorang pengambil keputusan baik bagi diri sendiri ataupun orang lain. Disaat itulah anak akan mengenal pentingnya berbagi https://www.selebriticlub.com/tips-berbagi-dengan-cara-sederhana-dan-bermakna/

Tips Mengajarkan Anak supaya Mau Berbagi dengan Sesama

Seorang anak akhirnya akan menyadari bahwa dengan segala keterbatasan dan kekurangan setiap manusia membutuhkan pertolongan orang lain. Maka dari itu memperbanyak berbuat kebaikan terhadap sesama adalah salah satu cara supaya kita mendapatkan kemudahan ketika sedang mengalami kesulitan. Berikut Tips Mengajarkan Anak supaya Mau Berbagi dengan Sesama yang diliput dari berbagai sumber

1.Orang tua memberi contoh berbagi kepada anak. Anak akan cenderung menuruti apa kata orang tua. Maka orang tua seyogyanya dapat menjadi role model bagi anak untuk dapat ditiru perkataan yang selaras dengan perbuatan. Contoh yang mungkin akan berkesan pada memori anak misalkan merayakan hari kelahiran atau ulang tahun anak di panti asuhan.

Baca:   Waspadai penyakit kanker pada anak-anak

Tips Mengajarkan Anak supaya Mau Berbagi dengan Sesama

Cara ini mengajarkan anak untuk selalu mensyukuri keadaan dan selalu ingat ada sebagian teman-teman seumuran yang kurang beruntung. Sehingga rasa syukur diwujudkan dengan berbagi kebahagiaan dengan makan bersama bersama anak panti asuhan.

2. Berbagi maaf . Dalam dunia anak-anak yang masih belum bisa mengendalikan emosi jika terdapat perbedaan keinginan, terkadang timbul perselisihan yang sering membuat anak merasa tidak nyaman. Perasaan tidak nyaman pada diri anak membuat anak enggan bermain bersama kembali. Orang tua dapat menengahi dengan mengajarkan anak untuk berbagi maaf.

Tips Mengajarkan Anak supaya Mau Berbagi dengan Sesama

Cara meminta maaf maupun memaafkan adalah alat ampuh untuk meredakan situasi tidak nyaman yang terjadi. Tanamkan pada anak bahwa memberi maaf adalah tindakkan terpuji dan meminta maaf adalah tindakan berbesar hati mau mengakui kesalahan.

Baca:   Berbagi Tips Supaya Tubuh Bugar selama Perjalanan Mudik

3. Berbagi  dengan cara meminjamkan mainan. Dalam satu kesempatan terkadang anak bermain dengan teman sebaya dengan membawa mainan. Meminjamkan mainan dengan teman sebaya dapat mengasah rasa kerjasama dan  kebersamaan. Dengan meminjamkan mainan anak dilatih untuk berbagi dan mengurangi sifat kepunyaan yang berlebih.

4. Berbagi makanan atau minuman. Anak seharusnya tidak sembarangan menerima pemberian makanan dan minum dari orang tidak dikenal. Namun jika terdapat orang tua atau orang dewasa yang mendampingi maka jika anak membawa makanan dan minuman berlebih orang tua yang mendampingi dapat mengajarkan anak untuk membagi makanan dan minuman pada teman sepermainan anak atau yang membutuhkan. Cara ini dapat membuat anak menghargai nilai makanan dan minuman yang ia miliki.

Baca:   Tips Usir Bosan di Rumah ala Amel Carla

5. Berbagi tempat bermain. Dalam satu komunitas misalkan taman bermain terkadang terdapat alat permainan yang terbatas sehingga harus digunakan secara bergantian. Dengan cara ini anak dapat diajarkan untuk tidak egois dan terbiasa untuk mengantri.

6. Berbagi memberikan buku bacaan dan baju layak pakai yang sudah tidak digunakan. Anak akan tumbuh besar mengikuti usia dan jenjang pendidikan sehingga banyak barang anak yang sudah tidak digunakan lagi. Seperti buku bacaan dan baju – baju anak. Daripada menumpuk di gudang penyimpanan maka orang tua dapat mengajarkan anak untuk membagikan buku bacaan ke taman baca. Sedangkan baju yang sudah tak terpakai dapat disumbangkan ke panti asuhan yang membutuhkan.

Demikian Tips Mengajarkan Anak supaya Mau Berbagi dengan Sesama yang jika diajarkan oleh orang tua  sejak dini maka hal ini akan membuat anak menjadi terbiasa sehingga anak dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Salam #suksesituberbagi

Penulis : BayuHutami

Related posts

Tips Menggunakan THR secara Bijak

Bayu Hutami

Ini Alasan Kenapa Orang Enggan Untuk Berbagi Ke Sesama

Ikke Dwi A

Bagaimana Cara Membuat Sebuah Komunitas untuk Berbagi?

Ikke Dwi A

Leave a Comment