Tips Berbagi dengan cara Sederhana dan Bermakna
Tips Berbagi dengan cara Sederhana dan Bermakna

Tips Berbagi dengan cara Sederhana dan Bermakna

Manusia sebagai mahluk sosial mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam dirinya. Karena itu manusia diciptakan Tuhan untuk saling melengkapi. Tips Berbagi dengan cara Sederhana dan Bermakna.

Berikut cara berbagi yang dihimpun dari berbagai sumber;

1. Berbagi sandang dan pangan dengan sesama. Sebagai mahluk sosial tentu kita berhadapan dengan lingkungan masyarakat yang heterogen. Dalam ruang lingkup pergaulan yang kecil kita bisa melihat ada banyak saudara kita yang kurang beruntung. Misalkan kaum dhuafa, penghuni panti sosial, panti asuhan, anak jalanan dan sebagainya. Dari mereka kita belajar untuk lebih mensyukuri apa yang sudah kita dapatkan. Sehingga jika kita melihat mereka yang kurang beruntung, tidak ada salahnya kita berbagi sebagian kecil sandang atau pangan yang kita miliki.

Tips Berbagi dengan cara Sederhana dan Bermakna

Dimulai dari pakaian layak pakai yang sudah tidak kita gunakan, atau lebihan stok makanan yang kita punya. Dari lebihan sandang pangan yang kita miliki, maka jika kita berikan sebagian kepada yang membutuhkan tentu akan sangat bermanfaat dan bermakna. Keuntungan yang kita dapat, pertama tempat simpan akan terasa lega (misalkan lemari pakaian), tempat simpan bahan baku bisa kita pakai untuk menyimpan stok bahan baku baru tanpa membuang lebihan bahan baku yang tersisa.

Baca:   Penyakit Kanker Anak bagaikan "Ghost Silent" Tersembunyi

2. Berbagi berita dan informasi positif melalui media sosial. Carut marut dunia media sosial penuh dengan arus lintas informasi mulai dari yang posistif sampai yang sulit dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sebagai mahluk sosial yang beradab alangkah eloknya jika kita mempertimbangkan dengan menganalisa secara seksama terhadap berita atau informasi yang kita baca, kita dengar dan kita lihat sebelum di teruskan atau di viralkan melalui media sosial. Pertimbangkanlah dari berbagai aspek apakah informasi yang kita teruskan bermanfaat atau malah sebaliknya.

3. Berbagi memberi ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih terhadap perilaku orang lain yang sudah memperlakukan diri kita dengan baik adalah wujud dari apresiasi diri terhadap tindakan orang lain. Misalkan mengucapkan terima kasih karena sudah dibukakan pintu, memberikan ucapan terima kasih karena sudah diantarkan pesanan makanan dan sebagainya.

Baca:   Bantu Adik Nasrul Anam untuk mengobati Tumor Pembuluh Darah

Tips Berbagi dengan cara Sederhana dan Bermakna

Ucapan terima kasih biasanya menjadi bias ketika kita membayar sesuatu dari yang kita inginkan. Misalkan kita memesan makanan di rumah makan dan ketika pesanan datang kita langsung santap tanpa mengucapkan terima kasih. Segala sesuatu yang dibiasakan dari perkara kecil akan menjadi kebiasaan jika dilakukan berulang kali. Maka dari itu biasakan mengucapkan terima kasih untuk perkara sekecil apapun. Tips Berbagi dengan cara Sederhana dan Bermakna

4.Berbagi memberi salam. Ucapan salam jamak kita ucapkan jika memasuki ruangan atau tempat yang sudah banyak sekumpulan orang berkumpul. Ucapan salam menandakan kita menginformasikan kehadiran kita kepada para hadirin yang sudah lebih dulu tiba. Ucapan salam tidak hanya ketika baru datang melainkan ketika lebih dulu hendak akan meninggalkan suatu pertemuan yang masih berlangsung. Dengan mengucapkan salam setidaknya sudah berbagi informasi tentang keberadaan diri kita.

5. Berbagi memberi dan mengucapkan maaf. Mengucapkan permintaan maaf dan memberi maaf adalah simbol kerendahan hati sebagai manusia. Karena sebetulnya tidak ada manusia yang sempurna. Meminta maaf dan memberi maaf adalah vitamin jiwa untuk selalu mengingat kebesaran hati berbaik sangka terhadap sesama.

Baca:   Silaturahmi Selebriti Club Dalam Acara Buka Bersama di Akhir Ramadhan Berlangsung Meriah

6. Berbagi memberi senyum. Senyum adalah simbol ketulusan hati. Berbagi dengan memberikan senyuman terhadap siapapun akan menularkan aura positif terhadap lingkungan sekitar. Jiwa dan raga akan merasakan kenyamanan dan kedamaian sehingga apapun yang kita lakukan akan mencapai hasil baik.

7. Berbagi memberi simpati dan empati.  Setiap manusia akan dihadapkan pada problematika kehidupan yang berbeda satu sama lain dan  terkadang menguras energi dan pikiran.  Sehingga solusinya juga berbeda.

Tips Berbagi dengan cara Sederhana dan Bermakna

Oleh karena itu bersikap simpati dan empati terhadap sesama dapat saling menguatkan satu sama lain. Misalkan menjadi pendengar yang baik jika ada teman yang sedang berkeluh kesah. Bahkan jika memungkinkan kita dapat mencari solusi dari satu permasalahan yang ada.

Lazada ID

Demikian Tips Berbagi dengan cara Sederhana dan Bermakna. Salam #suksesituberbagi

Penulis : BayuHutami

 

Related posts

Berbagi Sesama Sesuai dengan Bidang Masing-masing Yuk

Ikke Dwi A

Tips Usir Bosan di Rumah ala Amel Carla

Admin Seleb

Bagaimana Cara Membuat Sebuah Komunitas untuk Berbagi?

Ikke Dwi A

Leave a Comment