Hari Ini Tepat 62 Tahun Lahirnya NASA dan Perlombaan Luar Angkasa


Selebriticlub.com – Hari ini, 29 Juli diperingati sebagai ulang tahun NASA. Mari simak bersama sejarah NASA!

National Aeronautics and Space Administration (NASA) adalah lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang.

NASA didirikan tepat 62 tahun yang lalu yaitu pada tanggal 29 Juli 1958. NASA telah mensponsori ekspedisi ruang angkasa untuk menggali informasi penting tentang tata surya dan alam semesta. NASA juga telah meluncurkan banyak satelit yang mengorbit bumi, dengan itu informasi mulai dari prakiraan cuaca, navigasi, hingga komunikasi global dapat terjadi.

Melansir dari History, Badan Penerbangan dan Antariksa milik Pemerintah Amerika Serikat ini diciptakan sebagai tanggapan terhadap peluncuran satelit pertama yaitu Sputnik I milik Uni Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957.

Baca:   Menantu Ulang Tahun, Ratu Elizabeth Malah Hadiri Acara Lain

Satelit seberat 183 pon atau setara dengan 83,0074 kg yang berukuran seperti bola basket mengorbit bumi dalam waktu 98 menit. Peluncuran The Sputnuik diketahui Amerika dan memicu kekhawatiran bahwa Soviet mungkin juga mampu mengirim rudal dengan senjata nuklir dari Eropa ke Amerika.

Perlombaan ruang angkasa

Pada 3 November 1957, Soviet meluncurkan Sputnik II, yang membawa seekor anjing bernama Laika. Pada bulan Desember, Amerika berusaha meluncurkan satelitnya sendiri, yang disebut Vanguard, tetapi meledak tak lama setelah lepas landas. Pada 31 Januari 1958, satelit Explorer I milik Amerika berhasil diluncurkan. Itu menjadi satelit pertama AS yang berhasil mengorbit bumi.

Pada bulan Juli tahun itu, Kongres meloloskan undang-undang yang secara resmi mendirikan NASA dari Komite Penasihat Nasional untuk Penerbangan dan lembaga pemerintah lainnya, dan menegaskan komitmen negara untuk memenangkan perlombaan ruang angkasa.

Baca:   Sepenggal Kisah Bule Prancis Pencetus Nama Jokowi : Okezone Nasional

Pada bulan Mei 1961, Presiden John F. Kennedy menyatakan bahwa Amerika harus meletakkan manusia di bulan pada akhir dekade. Pada 20 Juli 1969, misi Apollo 11 NASA mencapai tujuan itu dan membuat sejarah ketika astronot Neil Armstrong menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

Itulah perjalanan lahirnya NASA 62 tahun yang lalu.





Sumber Artikel

Lazada ID

Related posts

Gara-Gara Kejutan Ulang Tahun, 18 Anggota Keluarga Tertular Covid-19

deleon

Ibunda Ussy Sulistiawaty Berulang Tahun, Potret Cantiknya yang Diunggah sang Putri Curi Perhatian

deleon

Ulang Tahun Presiden Joko Widodo, Diskon Kawasaki Ninja

deleon

Leave a Comment